Home » artikel » Jaket Kulit – Mengenal Sejarah dan Bahan Dasar

Jaket Kulit – Mengenal Sejarah dan Bahan Dasar

Sejarah jaket kulit mungkin kurang begitu penting namun bagi anda para pecinta jaket kulit tidak ada salahnya mengetahui sejak kapan dan oleh siapa pertamakali jaket kulit ini dipopulerkan. Setidaknya sekilas info ini kiranya perlu anda ketahui sebagai penambah wawasan dasar pengenalan tentang pakaian yang kini telah menjadi fashion dan style bagi kaum pria dan wanita.
sejarah-bahan-dasar-jaket-kulit
Asal mula penggunaan jaket kulit bermula pada awal tahun 1900-an oleh para penerbang dan anggota militer sebagai pelindung dan penghangat kulit dari cuaca iklim pada ketinggian tertentu saat penerbangan. Jaket yang seringkali digunakan oleh para pilot ini lebih dikenal dengan sebutan ‘jaket bomber’ terutama saat berlangsungnya perang dunia kedua.
Pada masanya pembuatan jaket kulit ini lebih sering menggunakan kulit domba lengkap beserta bulu yang masih utuh pada bagian dalam demi menambah kehangatan. Jaket kulit lebih populer lagi ketika dijadikan sebagai pakaian seragam oleh beberapa angkatan militer dunia.
Ternyata kegunaan dasar jaket kulit dulu ialah sebagai pelindung tubuh dari cuaca dingin berbeda halnya sekarang masyarakat lebih memilih untuk memakai jaket kulit sebagai fashion dan style

Bentuk Desain/Model

Pada umumnya jaket kulit memiliki beberapa bentuk dasar yaitu sebagai berikut :
  • Bagian depan jaket kulit memiliki sebuah alat mulai dari leher hingga ke bawah berupa kancing dan ritsleting yang berfungsi untuk menutup dan membuka, terkadang juga memiliki sabuk sebagai tambahan aksesoris
  • Bagian belakang tampak terlihat polos hanya ditutupi oleh bagian kulit
  • Bagian leher memiliki kerah dengan beragai bentuk seperti pendek, panjang bahkan ada juga yang hingga menutupi seluruh bagian leher
  • Bagian lengan memiliki ukuran bervariasi ada yang pendek, panjang hingga pergelangan tangan
  • Panjang badan juga bervariasi hingga ke bagian pinggan atau pinggul

Bahan Dasar Yang Digunakan

Bahan dasar jaket kulit atau raw material semuanya berasal dari kulit binatang yang telah dikeringkan serta diproses sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jaket. Bahan dasar jaket kulit yang sudah sangat populer adalah jenis kulit domba, sebagian jaket juga menggunakan jenis kulit sapi, kulit kerbau, kulit unta bahkan ada juga yang terbuat dari kulit babi.

Semua jenis kulit ini tentunya tidak langsung digunakan untuk membuat jaket namun memiliki beberapa tahapan dan proses yang cukup panjang seperti proses pencucian, pengeringan dan pengobatan.

sejarah jaket kulit, jaket kulit penerbang

Jenis

Secara mendasar jaket kulit memiliki tiga jenis bagi user pengguna yaitu sebagai berikut
  1. Jaket Kasual yaitu jaket yang lebih sering digunakan banyak orang sebagai style dan fashion dengan berbagai design/bentuk yang terus berkembang dari masa ke masa
  2. Jaket Kulit Biker yaitu jaket yang banyak digunakan oleh pengendara motor
  3. Jaket Kulit Bomber atau jaket kulit penerbang yang sering digunakan oleh para pilot
Adapun perihal warna dasar jaket kulit adalah warna hitam dan warna coklat sebagai warna standard. Demikian sekelumit informasi tentang sejarah dan bahan dasar jaket kulit.

Detail Of Jaket Kulit – Mengenal Sejarah dan Bahan Dasar

Posted : June 16, 2017 at 10:29 am

Author : innez

Category : artikel

Tags :

Pencarian Terkait

Viewed : 597 Visitor

File Size : 8 KB

File Type : image/jpeg

Resolution : 212x238 Pixel

Download Many Resolution: Click Here (to Attachment Page)

This Jaket Kulit – Mengenal Sejarah dan Bahan Dasar is provided only for personal use as image on computers, smartphones or other display devices. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

3 Model Jaket Korea...

Model Jaket Kulit Tanggulangin...

Jual Jaket Kulit Murah,...

Gambar Jaket Kulit Wolverine...

Cara Semir Jaket Kulit...

Contoh Model Jaket Kulit...